Senin, 13 Maret 2017

Kamera DSLR Untuk Pemula Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kamera DSLR Untuk Pemula  - Kamera Digital Single Lens Reflex atau yang disebut juga dengan DSLR, merupakan jenis kamera yang sedang digandrungi saat ini. Meski jenis kamera seperti action cam dan pocket masih menjadi pilihan alternatif, ternyata tidak menurutkan niat pengguna untuk memiliki sebuah kamera DSLR. Kamera jenis ini memang banyak digunakan oleh pegiat potografi dan videografi. Beberapa produksi seperti vlog dan film layar lebar bahkan juga ada yang menggunakan kamera DSLR.

Penggunaan yang begitu banyak membuat para pemula juga berminat untuk memiliki salah satu dari kamera DSLR yang ada di pasaran. Namun yang menjadi kendala adalah kurangnya pengetahuan tentang kamera apa saja yang sebaiknya dibeli untuk pemula, dan apa saja kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing kamera tersebut.


Jika kamu adalah pemula yang sedang ingin mencari kamera DSLR, berikut ini adalah beberapa kamera DSLR untuk pemula serta kelebihan dan kekurangannya.


Kamera DSLR Untuk Pemula Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kamera DSLR Untuk Pemula 


Nikon D3200


Terlepas dari perdebatan Nikon atau Canon yang lebih cocok untuk pemula, nyatanya saat pengguna memutuskan untuk membeli sebuah kamera DSLR, kebanyakan dari mereka akan memilih seri kamera seperti Nikon D3200. Selain karena harga, kamera satu ini memang cocok untuk pemula. Dibanderol dengan harga 5 jutaan kamera ini sudah dilengkapi dengan lensa Kit 18-55mm. selain itu resolusi kamera 24.2 Megapikselnya sudah mampu untuk merekam video dan mengambil gambar dengan cukup baik.

Kelebihan kamera ini adalah dapat mengunci objek dengan baik meski dalam kedaan kurang cahaya. Selain itu ISO-nya bisa diatur hingga 6400, sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan saat kurang cahaya. Dengan pengaturan yang tepat, noise pada gambar dapat teratasi dengan baik. Kekurangannya adalah harga lensa yang cukup mahal dan perawatan yang memerlukan biaya tambahan.

Nikon D3300


Bisa dibilang seri ini meruapakan seri penerus sekaligus penyempurna seri sebelumnya. Hadir dengan bodi yang ramping dan lensa yang bisa dimasukkan ke dalam, seri D3300 dibanderol dengan harga sekitar 5 jutaan. Dalam paket pembelian kamu juga akan mendapatkan lensa Kit 18-55mm yang sudah cukup bagus untuk foto dan video. Jika mengingkan lensa yang lebih, akmu bisa membelinya secara terpisah.

Kelebihan kamera ini adalah ISO yang cukup tinggi bahkan bisa sampai 12ribuan. Namun terkadang sulit untuk fokus dengan tepat meski sudah menggunakan auto-focus. Ini meruapakan kelebihan sekaligus kelemahan dari kamera seri ini. Namun untuk penggunaan seperti foto dan video, kamera ini sudah cukup baik.

Nikon D5300


Jika diperhatikan sekilas, kamera Nikon D5300 ini memiliki kesamaan dengan kamera pesaingnya, yaitu Canon EOS 700D. Namun jika diperhatikan dengan seksama, ternyata kamera D5300 masih memiliki beberapa keunggulan. Meski begitu kedua kamera tersebut sama-sama ditujukan untuk para pemula. Tapi uniknya, keduanya memiliki fitur yang tidak kalah dengan kamera-kamera canggih lainnya.

Kelebihan kamera Nikon D5300 adalah adanya konektivitas seperti Wifi dan GPS. Selain itu lensanya juga bisa lebih pendek saat kamera dalam keadaan off atau sedang tidak digunakan. Sementara kekurangan kamera ini adalah memerlukan lensa pendukung yang baik jika ingin mengoptimalkan kamera beresolusi 24 Megapiksel yang dimilikinya.


Canon EOS 1200D


Seri ini meruapakan penyempurnaan dari Canon EOS 1000D. Di aman terdapat beberapa fitur yang sudah mengalami peningkatan. Hal tersbut juga menjadi nilai lebih pada kamera ini. Kamera yang cukup mumpuni untuk range harga 5 jutaan. Dengan harga segitu kamu sudah bisa memiliki kamera dengan resolusi 18 megapiksel yang dapat menghasilkan gambar dan video dengan cukup baik. Tentu saja dengan dukungan lnesa Kit 18-55mm yang dimilikinya.

Kelebihan kamera ini adalah sensor dan ISO-nya yang sudah cukup baik serta user interface yang ramah terhadap pengguna pemula. Sehingga kamera ini mudah sekali untuk dipelajari dan dioperasikan. Sementara untuk kekurangannya yaitu belum memiliki layar sentuh. Sehingga semua kntrol dilakukan secara manual menggunakan tombol fisik.

Itulah sedikit informasi mengenai pilihan kamera DSLR bagi kamu pemula, semoga bisa membantu dan tetap semangat dalam belajar mengambil gambar...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon